Boeing VS Airbus: Mana yang Bakal Kuasai Dunia Aviasi?

Airplane - Canva

Airplane - Canva

Like

Saat kamu bepergian menggunakan pesawat komersial berkapasitas penumpang lebih dari 100 orang, pastinya kamu enggak asing sama tipe pesawat Airbus atau Boeing. Keduanya memang banyak digunakan oleh perusahaan pesawat komersial di seluruh dunia lho!

Bahkan, di antara banyak perusahaan produsen pesawat terbang, Boeing dan Airbus bisa dibilang menjadi penguasa dan berhasil melakukan duopoli di dunia aviasi nih, Be-emers. 

Untuk pesawat berkapasitas besar, eksistensi Airbus dan Boeing mampu mengalahkan perusahaan produsen pesawat lain seperti McDonnell Douglas -yang kemudian diakuisisi Boeing di tahun 1997.

Sementara itu, perusahaan pembuat pesawat lain seperti Lockheed martin, Convair, British Aerospace, hingga Fokker ternyata juga enggak mampu bersaing mengalahkan penjualan dan pasar Boeing dan Airbus.

Di dunia aviasi alias penerbangan, baik Airbus maupun Boeing, terus mengeluarkan pesawat jenis baru berteknologi tinggi. Misalnya, yang terbaru yakni Airbus seri A330-900Neo dan Boeing 777X.


Dari catatan Airlines Industry Profile of United States, persaingan antara Airbus dan Boeing sudah dimulai sejak era 1990an lho!

Baca Juga: Garuda Indonesia (GIAA) Putus Kontrak Pesawat Bombardier, Ini Alasannya

Seperti apa sih kinerja dan rintangan yang dihadapi Airbus dan Boeing dalam persaingan di dunia aviasi?